Home > Nasional

Pengamat: Gurita Dinasti Politik Rudy Mas'ud di Kalimantan Timur Berbahaya

Salah satu dinasti politik yang tengah menjadi sorotan adalah keluarga Mas'ud, yang dinilai telah menguasai berbagai posisi strategis dalam pemerintahan dan legislatif.
Anggota DPR RI Rudy Mas'ud. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)
Anggota DPR RI Rudy Mas'ud. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)

RUZKA INDONESIA – Fenomena dinasti politik di Indonesia semakin mengkhawatirkan, terutama di Kalimantan Timur. Salah satu dinasti politik yang tengah menjadi sorotan adalah keluarga Mas'ud, yang dinilai telah menguasai berbagai posisi strategis dalam pemerintahan dan legislatif.



Penguasaan yang terus meluas ini memunculkan kekhawatiran akan terjadinya penyalahgunaan kekuasaan serta merosotnya nilai-nilai demokrasi di provinsi yang kaya akan sumber daya alam tersebut.


Terlebih setelah majunya Rudy Mas'ud sebagai calon Gubernur Kalimantan Timur.


Ketua Padepokan Hukum Indonesia (PHI), Musyanto menjelaskan, hadirnya Rudy Mas'ud dalam kontestasi Pilkada Kaltim merupakan salah satu bentuk kemunduran demokrasi di tanah yang kaya akan hasil bumi tersebut.


"Rudy Mas'ud memiliki syahwat politik yang sangat tinggi. Dia tidak puas hanya menjadi anggota DPR RI saja, tapi memiliki obsesi untuk menguasai Kalimantan Timur hanya untuk keluarganya," kata Musyanto.


Gurita klan politik Mas'ud di Kalimantan Timur, lanjut Musyanto, sudah sampai tahap mengkhawatirkan. Selain Rudy Mas'ud yang merupakan anggota DPR sekaligus bakal calon Gubernur Kaltim, ada pula sang kakak, Hasanudin Mas'ud yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kaltim.


Tak sampai di situ, dua saudara lainnya juga menjadi pejabat, yakni Rahmad Mas'ud sebagai Wali Kota Balikpapan dan Abdul Gafur Mas'ud sebagai Bupati Penajam Paser Utara.


Gurita ini tentu menjadi ancaman demokrasi di Kalimantan Timur. Terlebih Abdul Gafur Mas'ud bahkan ikut terjaring OTT KPK dan telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor dalam kasus suap.


Beberapa waktu lalu kelompok Front Kaltim Menggugat bahkan sudah melakukan demo di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendorong lembaga anti-rasuah tersebut menyelidiki potensi korupsi di keluarga Mas'ud ini.


"Konsentrasi kekuasaan politik pada satu keluarga di Kalimantan Timur bisa menjadi ancaman besar bagi demokrasi. Jika dibiarkan, gurita dinasti politik keluarga Mas'ud berpotensi menurunkan kualitas demokrasi secara keseluruhan yang pada akhirnya menjadikan rakyat Kalimantan Timur sebagai korban," tegas Musyanto.


"Dan jika tidak segera ditangani, gurita dinasti politik keluarga Mas'ud di Kalimantan Timur akan terus berkembang, membawa dampak negatif tidak hanya bagi provinsi ini, tetapi juga bagi tatanan demokrasi di Indonesia secara keseluruhan," pungkasnya. (***)

× Image