Home > Lingkungan

Wings Bersama Waste4Change dan Puluhan Relawan Bersihkan Sungai Wonorejo di Jawa Timur

Inisiatif ini merupakan bagian dari program pembangunan ekosistem pengelolaan sampah holistik di Surabaya dan Jakarta Timur berbasis komunitas lokal.
Relawan Yayasan Wings Peduli menanam 100 pohon di wilayah Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya guna memelihara kelestarian dan ekosistem bakau. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Relawan Yayasan Wings Peduli menanam 100 pohon di wilayah Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya guna memelihara kelestarian dan ekosistem bakau. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Yayasan Wings Peduli menggelar aksi bersih sungai di Pantai Mangrove Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur, untuk memperingati Hari Bersih Sungai Sedunia. Kegiatan ini melibatkan puluhan sukarelawan dari berbagai bidang dan dilakukan secara holistik dengan menyelenggarakan kegiatan edukasi, pemungutan sampah, penanaman pohon bakau, hingga mendaur ulang sampah yang terkumpul.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program pembangunan ekosistem pengelolaan sampah holistik di Surabaya dan Jakarta Timur berbasis komunitas lokal yang dilakukan Yayasan Wings Peduli bersama Waste4Change sebagai komitmen #WingsPeduliLingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Dedik Irianto, mengapresiasi program Aksi Bersih Sungai Wonorejo dengan melibatkan masyarakat lokal, termasuk Bank Sampah binaan di Surabaya.

“Harapannya, program ini bisa mengurangi tumpukan sampah di Pantai Wonorejo serta membangun kebiasaan dan kesadaran kalangan masyarakat untuk bersama-sama melestarikan alam dan menjaga kebersihan di sekitar mereka,” katanya.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan Wings Peduli, menjelaskan bahwa kolaborasi bersama Waste4Change diharapkan dapat menghadirkan solusi yang inovatif dan praktis dalam pengelolaan sampah. Upaya ini tidak hanya akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan sosial komunitas.

“Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ungkapnya.

Sedangkan Founder dan CEO Waste4Change, Bijaksana Junerosano, mengatakan akam sepenuhnya mendukung inisiatif Yayasan Wings Peduli dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sampah secara sirkular.

“Upaya ini sejalan dengan misi kami di Waste4Change untuk mendorong praktik pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujarnya.

Yayasan Wings Peduli bersama Waste4Change mengawali kegiatan dengan mengedukasi relawan mengenai program #PilahDariSekarang, kampanye pengelolaan sampah berbasis rumah tangga yang telah berjalan sejak 2023. Setelah itu, relawan bersama dengan fasilitator membersihkan kurang lebih 1 hektar wilayah pantai mangrove Wonorejo. Total terdapat 184,8 kg sampah yang terkumpul, yang didominasi oleh sampah non-organik dan residu.

Sampah terkumpul akan dipilah lebih detail, kemudian dikelola lebih lanjut oleh mitra Waste4Change menjadi material baru yang bernilai, termasuk kepada perusahaan daur ulang plastik dan kertas untuk digunakan kembali. Sebagai upaya untuk memelihara kelestarian dari ekosistem bakaunya, Yayasan Wings Peduli bersama relawan juga menanam 100 unit pohon mangrove di area tersebut.

Dalam program ini, Yayasan Wings Peduli melakukan pendekatan kolaboratif dengan melibatkan relawan dari berbagai organisasi untuk memperluas dampak positif dari perubahan perilaku untuk melestarikan lingkungan. Mereka adalah 50 relawan yang memiliki hubungan langsung dengan Sungai Wonorejo, yakni Bank Sampah ‘Bersih Indah Asri’ (BIA) yang berdomisili di Surabaya, sebagai komunitas binaan Yayasan Wings Peduli, World Cleanup Day Jawa Timur, dan karyawan Wings Group di Surabaya. ***

× Image