Home > Info Kampus

Masyarakat Silahkan Nilai Track Recordnya, Ini 7 Calon Rektor UI Periode 20242029

Proses seleksi yang berlangsung semakin ketat ini menghadirkan calon-calon dengan latar belakang akademis dan pengalaman luar biasa, yang diharapkan mampu membawa UI menuju capaian yang lebih tinggi di kancah nasional maupun internasional.
Ini 7 calon terpilih yang lolos tahap penyaringan untuk menjadi Rektor UI Periode 2024–2029. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Ini 7 calon terpilih yang lolos tahap penyaringan untuk menjadi Rektor UI Periode 2024–2029. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Universitas Indonesia (UI) melalui Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) resmi mengumumkan tujuh calon terpilih yang lolos tahap penyaringan untuk menjadi Rektor UI Periode 2024–2029.

Proses seleksi yang berlangsung semakin ketat ini menghadirkan calon-calon dengan latar belakang akademis dan pengalaman luar biasa, yang diharapkan mampu membawa UI menuju capaian yang lebih tinggi di kancah nasional maupun internasional.

Adapun nama ke tujuh calon tersebut adalah sebagai berikut (sesuai urutan alfabet):

1. Agus Setiawan, SKp, MN, DN. (Fakultas Ilmu Keperawatan UI)

2. Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas

Kedokteran UI)

3. Prof Dr Ir Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU (Fakultas Teknik UI)

4. Prof Kemas Ridwan Kurniawan, ST, MSc, PhD (Fakultas Teknik UI)

5. Prof Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada, SSi, MSi, MSc, PhD. (Institut Teknologi

Bandung)

6. Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MSc, MM, IPU (Fakultas Teknik UI)

7. Teguh Dartanto, PhD (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI)

Proses Seleksi yang Transparan dan Ketat

Proses penyaringan yang digelar pada Rabu, 4 September 2024, di Gedung Pusat Administrasi UI, Kampus Depok, melibatkan tim penilai yang terdiri dari para pakar akademik UI, di antaranya:

1. Prof Dr Bambang Wibawarta, SS, MA (Ketua Pansus Pilrek UI).

2. Prof Dr dr Budi Wiweko, SpOG, Subsp. FER, MPH, Int. (Ketua Senat Akademik UI).

3. Prof Harkristuti Harkrisnowo, SH,.MA, PhD. (Ketua Dewan Guru Besar UI).

5. Prof Dr Ir Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA (Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI).

Para calon rektor diminta memaparkan profil diri dan rencana ke depan yang meliputi rekam jejak dan prestasi, entrepreneurship (kemampuan menghimpun dana), rencana program, dan terobosan yang akan dilakukan.

Mereka menyampaikan visi dan misi kepemimpinan, wawasan tentang UI, serta rencana strategis yang mengacu pada kebijakan umum dan rencana pembangunan jangka panjang UI.

Prof Bambang menekankan pentingnya rekam jejak yang kuat dalam seleksi ini.

"Kita harus tahu dengan jelas apa latar belakangnya dan apa yang pernah dilakukan. Tidak mungkin seseorang yang belum pernah melakukan apa-apa tiba-tiba akan lompat jauh dan melakukan sesuatu yang sangat besar. Tentu kita harus memperhatikan track record-nya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Jumat (06/09/2024).

Prof Bambang juga menyebut bahwa Rektor UI terpilih harus memiliki kemampuan entrepreneurship untuk menghimpun dana dari potensi yang dimiliki UI agar pembiayaan universitas tidak hanya mengandalkan biaya pendidikan dari mahasiswa.

Mereka diharapkan memiliki terobosan yang mampu meningkatkan kualitas atau posisi UI di tingkat nasional maupun global; serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar peluang kerja sama dengan berbagai mitra strategis semakin terbuka.

“Dunia ini sangat dinamis. Semakin cepat perubahannya, tentu kita menghadapi tantangan yang berbeda. Rektor UI terpilih harus bisa menjawab tantangan-tantangan ini dengan membangun sistem yang baik, membuat kerja sama yang baik, dan memiliki kemampuan lain yang dibutuhkan UI,” jelas Prof Bambang.

Sementara itu, Ketua MWA UI, Dr (HC) Yahya Cholil Staquf menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 13 Bakal Calon Rektor yang telah mengikuti proses penjaringan dan penyaringan Calon Rektor UI.

"Alhamdulillah, yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon rektor UI adalah figur-figur yang memiliki kapasitas dan rekam jejak prestasi eksepsional yang sangat relevan dengan kebutuhan dan tantangan-tantangan UI ke depan. MWA harus melakukan diskusi yang ketat dalam penyaringan menjadi 7 orang calon dan insyaallah selanjutnya akan menerapkan metode yang lebih ketat lagi hingga terpilih figur yang sungguh-sungguh terbaik untuk memimpin UI," ucap Gus Yahya.

Selanjutnya, untuk menilai tujuh Calon Rektor UI Tersaring, UI membuka kesempatan kepada masyarakat untuk turut memberikan asupan publik terkait track record dari para calon.

Asupan publik ini dapat disampaikan melalui laman www.pemilihanrektor.ui.ac.id pada 10–16 September 2024.

Asupan publik yang diterima nantinya menjadi pertimbangan MWA UI dalam proses penyaringan tiga Calon Rektor.

Pada tahapan penyaringan berikutnya, UI akan mengundang Panelis Pakar untuk turut serta dalam proses presentasi yang mengacu pada arah pengembangan UI ke depan dan memberikan rekomendasi kepada MWA.

Panelis Pakar yang diundang adalah yang bergerak di bidang manajemen pendidikan tinggi, tata kelola universitas, dan manajemen inovasi atau perubahan. (***)

× Image