Home > Komunitas

Rayakan Kemerdekaan RI, Karyawan Perusahaan Ini Bersihkan Sampah Pantai Baro Gebang Cirebon

Ratusan karyawan Wings Group memilah sampah berdasarkan kategori, mendaur ulang plastik, hingga aksi bersih pantai.
Karyawan Wings Group membersihkan sampah Pantai Baro Gebang Cirebon. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Karyawan Wings Group membersihkan sampah Pantai Baro Gebang Cirebon. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Yayasan Wings Peduli bersama karyawan Wings Group memperingati Kemerdekaan ke-79 RI dengan membersihkan sampah di Pantai Baro Gebang, Cirebon. Kegiatan yang melibatkan ratusan karyawan ini mulai dari memilah sampah berdasarkan kategori, mendaur ulang plastik, hingga aksi bersih pantai.

Yayasan Wings Peduli berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Pandawara Group, Waste4Change, ATMI Cikarang, hingga departemen internal, untuk menyelenggarakan kegiatan bertema “Unity in Sustainability”.

Inisiatif ini merupakan upaya Yayasan Wings Peduli dalam mendukung perubahan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dengan mempertahankan sumber daya yang ada termasuk lingkungan, sejalan dengan makna kemerdekaan tahun ini yakni Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Gilang Rahma, perwakilan Pandawara Group mengatakan aksi bersih-bersih Pantai Baro Gebang Cirebon bisa jadi pemicu awal untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Dari kegiatan sederhana seperti ini, kita bisa mulai bareng-bareng menjaga kelestarian alam, supaya kehidupan di bumi bisa terus berkelanjutan karena kita tahu bahwa menjaga lingkungan itu bukan cuma tugas satu dua orang, tapi tanggung jawab kita semua,” katanya saat dihubungi, Kamis (29/8/2024).

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan, Wings Group juga menyelenggarakan program Wings Unity Cup yang terdiri dari delapan cabor, termasuk Basket, Mini Soccer, dan Badminton, yang diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh departemen. Dalam kegiatan ini, tim Wings Unity Cup bersama Yayasan Wings Peduli berinovasi dengan menggunakan medali berbahan utama plastik untuk para pemenang.

Bersama ATMI Cikarang, Yayasan Wings Peduli mendaur ulang 40 kg limbah tutup botol menjadi 220 medali bagi pemenang kategori silver dan gold.

Selama kegiatan Wings Unity Cup berlangsung, Yayasan Wings Peduli dan tim Wings Unity Cup juga mengajak karyawan yang bertanding maupun yang mendukung pertandingan untuk memilah sampah sesuai kategori, sejalan dengan kampanye #PilahDariSekarang yang telah Yayasan Wings Peduli galakkan sejak 2023.

Melalui kolaborasi bersama Waste4Change, sejumlah 130 kg sampah dari kegiatan dikumpulkan dari kegiatan yang berlangsung selama 20 hari di bulan Juli dan Agustus ini diolah kembali menjadi berbagai produk baru, untuk meningkatkan rate daur sampah. Sampah yang didominasi oleh botol plastik ini nantinya akan diolah berdasarkan jenis plastiknya, seperti pressed PET untuk PET, ember untuk HDPE, dan tutup gas silinder untuk LDPE.

Perwakilan Yayasan Wings Peduli, Sheila Kansil menuturkan pihaknya ingin menggalang semangat kesatuan karyawan untuk melestarikan lingkungan, khususnya di bidang waste management. Harapannya, kegiatan yang dikemas secara menyenangkan ini dapat mendorong karyawan untuk melanjutkan aksi cinta lingkungan di keluarga dan orang terdekat, demi menciptakan bumi menjadi rumah yang nyaman untuk generasi mendatang.

“Hal ini sejalan dengan spirit Unity in Sustainability yang kami usung di kegiatan internal kami tahun ini,” ujarnya. ***

× Image