Home > Nasional

Astra Financial Terapkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Prima, Pertama di Pandeglang

Transformasi layanan kesehatan primer merupakan fokus pemerintah sebagai bagian dari 6 Pilar Transformasi Kesehatan Indonesia yang ditandai dengan penerbitan Keputusan Menteri Kesehatan No. 2015 Tahun 2023.
Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang, Eniyati (kanan), Sekretaris Dirjen Kesmas Kemenkes RI, Niken Wastu Palupi, Direktur Astra Financial, dan Chief Compliance and Risk Management Officer Asuransi Astra (kiri) saat melukis mural di sisi dinding Puskesmas Pembantu Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Pandeglang. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang, Eniyati (kanan), Sekretaris Dirjen Kesmas Kemenkes RI, Niken Wastu Palupi, Direktur Astra Financial, dan Chief Compliance and Risk Management Officer Asuransi Astra (kiri) saat melukis mural di sisi dinding Puskesmas Pembantu Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Pandeglang. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA - Astra Financial dan 8 unit bisnisnya bersama Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang meresmikan Program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Pandeglang, Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan untuk lebih dari 2.500 masyarakat.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Eniyati selaku Ketua Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang yang mewakili Bupati Pandeglang dan Hugeng Gozali selaku Direktur Astra Financial. Turut menyaksikan dr. Niken Wastu Palupi, M.K.M. selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan.

”Program ILP merupakan 1 dari 6 pilar transformasi layanan kesehatan di Indonesia. Harapannya, Pustu Pakuluran yang terintegrasi ILP di Pandeglang dapat menjadi contoh untuk menguatkan sinergi antar lembaga dalam menguatkan layanan kesehatan primer yang lebih baik kedepannya, karena Kemenkes tidak bisa bergerak sendiri dan membutuhkan dukungan sektor industri termasuk Astra Financial dalam mengakselerasi program ini. Semoga kedepannya akan ada Pustu pada setiap desa di Indonesia,” kata dr. Niken Wastu Palupi.

Dokter Niken juga mengucapkan terima kasih kepada Astra Financial dan unit bisnisnya atas semangat yang sangat antisipatif ini, karena ILP merupakan program baru di Kementerian Kesehatan yang diresmikan 1 September 2023 lalu.

Transformasi layanan kesehatan primer merupakan fokus pemerintah sebagai bagian dari 6 Pilar Transformasi Kesehatan Indonesia yang ditandai dengan penerbitan Keputusan Menteri Kesehatan No. 2015 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (Juknis ILP). Juknis ini mengatur pentingnya upaya promotif dan preventif dalam pelayanan kesehatan melalui ILP. Program ILP secara resmi diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan pada 31 Agustus 2023.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan langkah Astra Financial dalam mewujudkan Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030, khususnya aspirasi kontribusi sosial yang memiliki 4 pilar, yaitu: kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Program ini didukung oleh 8 unit bisnis Astra Financial yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Komatsu Astra Finance (KAF), Surya Artha Nusantara Finance (SANF) dan Astra Ventura.

Hugeng Gozali, Direktur Astra Financial menyampaikan Astra Financial berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi sosial, salah satunya dalam bidang kesehatan. “Dengan adanya layanan kesehatan yang terintegrasi, harapannya dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat di Desa Pakuluran beserta 3 desa lainnya di Kecamatan Koroncong,” katanya.

Program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Pertama di Pandeglang, Banten merupakan pemenuhan kebutuhan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau berdasarkan siklus hidup yang mencakup Ibu hamil, bayi, balita, remaja, usia produktif hingga lansia.

Program ini dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu Revitalisasi Pustu yang diintegrasikan dengan layanan kesehatan dari 5 Posyandu yang tersebar di Desa Pakuluran serta Pelatihan dan Pendampingan Kader Pelayanan Kesehatan.

Revitalisasi Pustu dilakukan untuk mengoptimalkan fasilitas kesehatan di Desa Pakuluran, yang mencakup renovasi bangunan puskesmas, penyerahan bantuan alat kesehatan serta sarana dan prasarana dasar seperti kasur pemeriksaan, lemari obat, dan sebagainya.

Lebih lanjut, dilakukan Pelatihan dan Pendampingan 2 orang Kader Puskesmas dan 24 Kader Posyandu selama satu tahun dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi Kader Pelayanan Kesehatan dalam menjalankan program ILP. Pelatihan yang diberikan terdiri atas ‘Pelatihan Intervensi Gizi’ dan ‘Pelatihan 25 Kompetensi Dasar Kader.’ (**)

× Image