Home > Edukasi

Dinkes Kota Depok Imbau Warga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Jaga Kesehatan dari Polusi Udara

Situasi kondisi udara yang cukup burik saat ini, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan.
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau warga untuk menjaga imunitas tubuh sebagai upaya menghadapi kualitas udara kurang baik. Tentunya didasari dengan kesadaran masyarakat untuk menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Situasi kondisi udara yang cukup burik saat ini, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan khususnya mereka yang berada di luar ruangan dalam jangka waktu lama, juga tidak lupa dengan menerapkan hidup bersih dan sehat," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati dalam keterangan yang diterima, Sabtu (26/08/2023).

Menurut Mary, penerapan Germas dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman alkohol.

"Selain itu juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban yang sehat," terangnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat, dalam menjaga lingkungan untuk tidak membakar sampah karena dapat memperburuk udara. Kemudian, kembali membiasakan diri untuk menggunakan masker saat kualitas udara buruk dan kondisi tubuh kurang baik.

"Dalam hal ini, Dinkes Kota Depok akan meminta Puskesmas untuk turut serta membantu peningkatan daya tahan tubuh masyarakat pada populasi berisiko dengan pemberian vitamin. Juga melakukan pencatatan dan pelaporan terpadu terkait air borne diseases yaitu penyakit yang disebabkan karena kualitas udara yang buruk untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB)," jelas Mary. (Rusdy Nurdiansyah )

× Image