Home > Edukasi

Dinkes Kota Depok Sosialisasikan Pemberian Vaksin HPV ke Siswa SD dan MI

Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bagi guru SD dan MI.
Vaksin HPV ke para siswa SD dan MI.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Webinar Sosialisasi Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Introduksi Vaksin Human Papillomavirus (HPV) Tahun 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan guru dari seluruh Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta serta Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Depok.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Ketua Tim Kerja Surveilans Imunisasi Dinkes Provinsi Jawa Barat, Dewi Ambarwati dan Dokter Spesialis Anak Rujukan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Anggraini Alam.

"Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bagi guru SD dan MI agar bisa terlibat langsung dalam kegiatan imunisasi di sekolah," ujar Sekretaris Dinkes Kota Depok, Yuliandi dalam keterangan yang diterima, Ahad (06/08/2023).

Lanjut Yuliandi, rencananya pelaksanaan imunisasi HPV akan berlangsung di sekolah SD dan MI di Kota Depok pada 8 Agustus 2023."Kami membutuhkan dukungan dari pihak sekolah agar seluruh siswa mendapatkan imunisasi ini sebagai pencegahan dini kanker serviks," ungkapnya.

Menurut Yuliandi, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai target eliminasi kanker leher rahim pada tahun 2030. Salah satu langkah yang dilakukan adalah upaya pencegahan dengan pemberian imunisasi HPV.

"Pemberian vaksin ini telah dilakukan secara bertahap di 20 kabupaten dan kota sejak tahun 2016. Tahun ini serentak dilaksanakan semua kabupaten dan kota, termasuk Kota Depok," jelasnya.

Ia menambahkan, vaksin HPV akan diberikan pada anak perempuan kelas 5 SD dan MI atau anak usia 11 tahun bagi yang tidak bersekolah. Vaksin HPV akan diberikan dua kali dengan jarak satu tahun.

"Semoga apa yang akan kita lakukan kedepannya serta langkah kita sebelumnya merupakan langkah yang baik dalam upaya kita mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas," harap Yuliandi. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image