Home > Olahraga

Fornas VII akan Dihelat di Jabar, Diikuti 20 Ribu Penggiat Olahraga dari 38 Provinsi

acara mengusung tema
Flayer Fornas VII Jabar 2023.

ruzka.republika.co.id--Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Tingkat Nasional (Fornas) ke VII akan diselenggarakan pada 2-9 Juli 2023 di Kecamatan Kutawaringin, Soreang, Rancabali, Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Rencananya Fornas ke VII ini akan dibuka serta Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu akan dihadiri Menteri Olahraga (Menpora), Gubernur Jabar, Bupati Bandung, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional, Ketua KORMI Provinsi Jabar dan Ketua Kormi Kabupaten Bandung.

Acara pembukaan akan dimeriahkan artis-artis Ibu kota diantara Iwan Fals, Raffi Ahmad, Nayl dan Syntia Fitriani.

Sebanyak 20 ribu penggiat olahraga rekreasi dari 38 provinsi tergabung dalam 88 Induk Olahraga (Inorga) akan hadir memeriahkan acara mengusung tema "Sport Tourism" Kabupaten Bandung.

Salah satu peserta Kormi daerah yang selalu aktif mengikuti kegiatan Fornas adalah Kormi Kota Depok yang dipimpinan M Olik Abdul Holik akan mengirimkan 12 Inorga yang salah satunya adalah Inorga Portina (Persatuan Pelestari Olah Raga Tradisional Indonesia) yang membidangi Olahraga Tradisional.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (28/06/2023), Portina Kota Depok akan menurunkan 4 Jenis Olahraga (Jenor) dari 13 yang dilombakan yakni Hadang, Ketapel, Terompah Panjang dan Gebuk Bantal.

Portina salah satu Inorga dalam Kormi yang peserta terbanyak dalam setiap event Fornas, diperkirakan tahun 2023 ini Portina akan mengirimkan penggiat Olahraga sebanyak 50 ribu orang dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan Fornas VII Jabar 2023 dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini menjadi wadah kolaborasi dari pihak- pihak terkait demi kesuksesan penyelenggaraan serta dapat menjadi sarana pelestarian olahraga tradisional sebagai kekayaan budaya Bangsa Indonesia," ujar pengurus Portina Kota Depok, Erwin Bio. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image