Home > Komunitas

Depok Gelar Tradisi Ngubek Empang, 4 Kuintal Ikan Ditebar

Kegiatan ini juga masuk rangkaian Lebaran Depok 2023 yang akan digelar pada 17-20 Mei 2023.
Warga ceria mengikuti acara Ngubek Empang di Pemancingan Bojongsari, Kota Depok, Senin (14/05/2023).

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar tradisi Ngubek Empang. Sebanyak 4 kuintal ikan di tebar dalam kegiatan yang juga masuk rangkaian Lebaran Depok 2023 yang akan digelar pada 17-20 Mei 2023.

Acara Ngubek Empang digelar di pemancingan kawasan Bojongsari, Kota Depok pada Senin (15/05/2023). Ini dalam rangka melestarikan tradisi budaya Betawi di wilayah Kota Depok," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat membuka acara Ngubek Empang.

Pembukaan acara ditandai dengan pelepasan 4 kuintal ikan mas, mujair, bawal dan lele ke empang yang dilakukan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"Terima kasih kepada panitia penyelenggara dan pelaksana, ini bagian daripada Lebaran Depok 2023 yang kita selenggarakan nanti hari Rabu Kamis, Jumat, dan Sabtu,” terang Idris.

Menurut Idris, Lebaran Depok secara tradisi memang tidak diadakan dalam sehari, sebab ada sejumlah persiapan yang dilakukan.

"Seperti beli baju baru, persiapan makanannya dalam hal ini Ngubek Empang, ada juga potong Kebo Andil yang masuk dalam rangkaian, nanti pada hari H Lebaran Depok, kita makan sama-sama seperti Hari Raya Idul Fitri,” jelasnya.

Lanjut Idris, persiapan pelaksanaan Lebaran Depok 2023 di Kecamatan Bojongsari saat ini sudah 95 persen. Dan, akan mengundang menteri serta para kepala daerah di tingkat provinsi dan kota yang bersebelahan dengan Kota Depok.

“Menteri-menteri akan diundang, Pak Gubernur Jawa Barat masih dalam konfirmasi, lalu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, kemudian Wali Kota Jakarta Selatan, Wali Kota Jakarta Timur, semua diundang,” ungkapnya.

Ia menargetkan 5.000 masyarakat akan memeriahkan Lebaran Depok 2023 dalam sehari, yang diprediksi berasal dari Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

"Targetnya minimal wisatawan dari kota tetangga seperti Jabodetabek, mudah-mudahan mereka datang dan melihat bagaiman Kota Depok ini ternyata tradisinya tidak beda dengan Jabodetabek,” pungkas Idris. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image