Home > Komunitas

Lebaran Depok 2023 Digelar di Bojongsari, Catat Tanggalnya

Lebaran Depok 2023 yang akan digelar di Perumahan Gardens at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari pada 17-20 Mei.
Lebaran Depok 2022 di Sawangan, Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar perhelatan akbar Lebaran Depok 2023 yang akan berlangsung di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, pada 17-20 Mei 2023. Lebaran Depok ini masuk dalam Calendar Of Event-Keriaan Depok 2023 di bulan Mei 2023.

Asisten Administrasi Umum (Adum), Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Nina Suzana mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan Lebaran Depok 2023 yang akan digelar di Perumahan Gardens at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari.

"Saya berharap ASN yang ada di Pemkot Depok untuk ikut hadir di Lebaran Depok 2023. Ajak juga tetangganya, saudaranya, dan keluarganya," ujar Nina, Sabtu (13/05/2023).

Lebaran Depok bakal dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Event tersebut akan dibuka oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada 17 Mei 2023 pagi.

“Nanti akan diikuti dengan fashion show dari seluruh perangkat dinas dengan tiga pasangan memakai pakaian adat Depok. Serta dirangkai dengan pentas seni budaya, karena Lebaran Depok ini juga merupakan pekan kebudayaan Kota Depok dan juga masuk ke dalam calendar of event," jelasnya.

Kemudian di hari kedua, ada kegiatan motong kebo andil dan pentas seni budaya. Selanjutnya pada 20 Mei terdapat pawai budaya yang diikuti oleh seluruh kecamatan dan perangkat daerah.Selain itu, juga ada rantangan yang merupakan tradisi warga Depok pada zaman dahulu. Kebiasaan ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan keakraban antar sesama warga.

“Lalu, ada pula kegiatan ngubek empang yang merupakan rangkaian tradisi-tradisi Kota Depok yang ada di Lebaran Depok,” terangnya.

Camat Bojongsari, Rijal Farhan menyambut gembira kepercayaan Pemkot Depok yang menjadikan Kecamatan Bojongsari sebagai tuan rumah Lebaran Depok 2023. "Kami siap menyukseskan Lebaran Depok 2023," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mensukseskan perhelatan akbar tersebut, pihaknya telah membentuk panitia internal. Hal ini dilakukan untuk menyinergikan kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Lebaran Depok.

"Dengan begitu, kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan," tutur Rijal.

Rijal berharap, Lebaran Depok 2023 dapat menjadi simbol baru dalam memajukan dan memperkenalkan seni budaya asli dari Kota Depok. Terlebih di Bojongsari terdapat banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang layak dipromosikan, sehingga bisa menggerakkan sektor ekonomi kecil di Bojongsari dan Kota Depok. "Saya optimis perhelatan Lebaran Depok Tahun 2023 akan sukses," tegasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image