Home > News

Pemkot Depok akan Lakukan Maintainance Kabel Udara, Terutama di Jalan Tole Iskandar

Penataan ini merupakan tahapan akhir, untuk penurunan kabel udara ke bawah tanah.
Kabel udara semerawut di Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerja sama dengan PT Telkom akan melakukan penataan kabel udara lanjutan atau maintenance di sepanjang Jalan Tole Iskandar-Siliwangi.

Penataan ini merupakan tahapan akhir, untuk penurunan kabel udara ke bawah tanah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dari para operator telekomunikasi.

"Kami masih memberikan toleransi perpanjangan waktu karena target utamanya adalah penurunan kabel. Semua kabel udara harus berada di bawah," ujar Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Reni Siti Nuraeni dalam keterangan yang diterima, Kamis (11/05/2023).

Menurut Reni, untuk penataan kabel di ruas Margonda dan Siliwangi memiliki perbedaan, sehingga lama waktu pengerjaan disesuaikan oleh kondisi di lapangan.

"Kami terus berupaya secara maksimal agar seluruh kabel bisa pindah ke bawah untuk meningkatkan pelayanan dari para operator kepada konsumennya. Dengan harapan tercipta keindahan kota tanpa adanya kabel yang semrawut," jelasnya.

Lanjut Reni, sebagai langkah antisipasi timbulnya gangguan atas pekerjaan tersebut, Pemkot Depok telah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dan beberapa pihak terkait. Kemudian, telah melakukan sosialisasi melalui sosial media.

"Sudah kami antisipasi. Kami harap masyarakat juga pengguna jalan bisa mendukung pekerjaan ini demi lancarnya kegiatan," terangnya.

Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Depok Ahmad Bidin mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan waktu yang telah ditentukan Pemkot Depok, yaitu terhitung 15 Mei hingga 17 Agustus 2023. Sesuai kesepakatan juga, pihaknya akan mengerjakan galian dengan bentuk open cut atau galian terbuka sepanjang 3,2 kilometer (km).

"Kami akan terus lakukan koordinasi dengan Pemkot Depok maupun pihak Asosiasi Penyedia Jaringan Telekomunikasi Indonesia (APJATEL) selaku pihak penyelenggara tahap sebelumnya. Kami optimis bisa rampung sesuai waktu yang ditentukan," tuturnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image