Home > News

1.660 Calon Jamaah Haji Depok Siap Berangkat, Ini Biaya yang Harus Dilunasi

Para jamaah haji dipersilahkan segera melengkapi dokumen dan melunasi pembiayaan.
Jamaah haji Kota Depok melakukan persiapan keberangkatan haji 2023.

ruzka.republika.co.id--Sebanyak 1.660 jamaah haji dari Kota Depok siap diberangkatkan. Untuk itu, para jamaah haji dipersilahkan segera melengkapi dokumen dan melunasi pembiayaan.

“Jamaah sudah ada yang melakukan pelunasan biaya, dan ada juga yang belum melakukan konfirmasi. Kami mengimbau kepada jamaah haji untuk segera melunasinya," ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Yuli Rahmawati, Selasa (08/05/2023).

Menurut Yuli, jamaah untuk melakukan pelunasan haji yang dapat dilakukan di Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) ataupun langsung ke Kantor Kemenag Kota Depok.Untuk biaya perjalanan ibadah haji yang harus dilunasi oleh jamaah untuk berangkat menunaikan ibadah haji di tahun 2023 sebesar Rp 49.812.700,26 atau 53 persen dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Bagi jamaah yang sudah melunasi pembayaran namun sempat tertunda keberangkatannya pada 2020, tidak akan dikenakan tambahan biaya pelunasan. Jamaah yang sudah lunas pembayaran pada 2022 membayar tambahan sejumlah masing-masing Rp 9,4 juta dan jamaah yang ada di daftar tunggu 2023, dikenakan biaya pelunasan sejumlah Rp 23,5 juta,” jelas Yuli.

Lanjut Yuli, selain itu, jumlah jamaah haji lansia yang ada di Kota Depok relatif sedikit jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di Jawa Barat.Penetapan kuota haji dengan prioritas lansia yang akan diberangkatkan dari tingkat provinsi Jawa Barat (Kabar) merupakan kebijakan dari Menteri Agama yaitu dengan tagline, Haji Ramah Lansia Tahun 2023.

“Diharapkan dengan adanya kebijakan ini dapat mengurangi jumlah antrean lansia para calon jamaah haji Indonesia, termasuk di Kota Depok,” harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image