Home > Edukasi

Disdik Depok Gelar Lomba Pendidikan, Ajang Penguatan Karakter, Seni, Olahraga dan Penelitian

Lomba diikuti peserta didik jenjang SD dan SMP.
Disdik Depok gelar Lomba Pendidikan Tingkat SD dan SMP se Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar lomba pendidikan, pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa tingkat kota tahun 2023. Lomba ini diikuti peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lomba meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pasanggiri Bahasa Sunda, Pentas Pendidikan Agama Islam, serta Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), dan Festival Lomba Literasi Nasional (FLSN).

"Peserta yang mengikuti seleksi tingkat kota adalah yang telah lolos tingkat kecamatan jenjang SD dan SMP, jumlah peserta berasal dari 423 SD dan 261 SMP," ujar Kepala Disdik Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah di Stadion Mahakam, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Kamis (04/05/2023).

Menurut Siti, perlombaan ini bertujuan mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter melalui akademik, seni olahraga penelitian. Dan literasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Serta memberikan wadah berkreasi dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam mengembangkan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan ke depannya," jelasnya.

Dia berharap, melalui lomba-lomba pendidikan ini dapat meningkatkan kondisi kesehatan jasmani peserta didik di sekolah yang dapat menunjang peningkatan kualitas akademiknya. Kemudian terpilih pelajar terbaik dalam bidang sains dan olahraga.

"Masing-masing juara nanti akan mendapatkan medali, piala, dan uang tunai. Mereka juga akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk mengikuti lomba yang sama," pungkas Siti. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image