Home > Gaya Hidup

Carl Lewis, 9 Medali Emas Olimpiade, Aktor Musik

Carl Lewis dikenal karena rekor dunianya dalam berlari serta rekor lompat jauh.
Carl Lewis dikenal karena rekor dunianya dalam berlari serta rekor lompat jauh.

ruzka.republika.co.id - Carl Lewis 'manusia tercepat' dunia sepanjang masa. Sembilan medali diraih selama empat Olimpiade. Termasuk empat medali emas berturut-turut dalam lompat jauh.

Carl Lewis dikenal karena rekor dunianya dalam berlari serta rekor lompat jauh. Dia lahir di Birmingham meskipun sebenarnya dibesarkan di Willingboro, New Jersey.

Dia mengenal lintasan tartan ketika berusia 13 tahun. Carl Lewis juga mulai tampil di acara sprint di usia muda karena memiliki kemampuan kecepatan sprint yang tinggi.

Akhirnya Lewis terpilih untuk tim Olimpiade AS. Tapi Amerika memboikot pertandingan di Moskow dan akibatnya debut Carl Lewis ditunda.

Carl Lewis menerima Penghargaan James E. Sullivan untuk atlet terbaik pada tahun 1981 dan di Kejuaraan Dunia pada tahun 1983. Dia mencatatkan namanya dengan memenangkan 100m, lompat jauh dan estafet 4 x 100m. Kemudian menjadi juara tak terbantahkan di Olimpiade Los Angeles 1984.

Dia memenangkan 4 gelar di semua termasuk lomba 200m menyamai rekor Jesse Owens yang dibuat pada tahun 1936.

Carl Lewis mengulangi penampilan spektakuler tahun 1983 di Roma pada tahun 1987. Kemudian di Olimpiade Seoul 1988 memenangkan 4 gelar lebih banyak medali emas.

Dalam kompetisi terakhir ini dia mungkin memiliki penantang kuat Ben Johnson. Tetapi Ben Johnson didiskualifikasi karena doping dan ini membuka lapangan untuk Carl Lewis.

Carl Lewis sendiri gagal dalam tes obat bius. Tetapi dia dibebaskan oleh IAAF. Namun dia dikalahkan oleh Joe DeLoach di nomor sprint 200m. Di nomor estafet 4 x 100m tim AS didiskualifikasi di babak penyisihan di mana Lewis bahkan tidak dapat berlari karena pertukaran tongkat estafet yang buruk oleh pemain lain.

Kemudian tibalah musim 1991. Carl Lewis dan Leroy Burrell mendominasi semua acara lari cepat. Dalam balapan sebelum Kejuaraan Dunia di Jepang, Burrell memecahkan rekor Carl Lewis saat ia menyelesaikan 100 m dalam waktu 9,90 detik. Tapi di Kejuaraan Dunia, Carl Lewis membalasnya dengan memecahkan rekor 9,90 detik dalam waktu 9,86 detik.

Setelah tahun 1991, karier Carl Lewis di nomor lari cepat terus memudar. Carl Lewis tidak dapat memenangkan acara besar lainnya. Namun pada tahun 1996, di usia 35 tahun, ia kembali bangkit.

Carl Lewis memenangkan event lompat jauh dan menjadi satu-satunya atlet di dunia yang memenangkan event khusus ini sebanyak 4 kali berturut-turut.

Dia adalah atlet Olimpiade ketiga yang mencapai rekor setelahnya Al Oerter untuk lempar cakram dan Paul Elvström untuk berperahu pesiar.

Pada tahun 1987, Carl Lewis bergabung dengan musik dan menjadi bagian dari band bernama Break it Up. Namun kariernya di bidang musik tidak berjalan dengan baik.

Carl Lewis pensiun setelah Olimpiade Atlanta dan sekarang menjadi aktor. Hari ini dia tinggal di Los Angeles, California. Dia juga mencoba meniti karier dengan menyanyi.

Tapi, dia kurang berusaha. Album Modern Man yang dirilis tahun 1987 mungkin album terburuk yang pernah dikeluarkan oleh seorang atlet dan menghasilkan salah satu video paling ngeri sepanjang masa.

Paku di peti mati untuk karir musik Lewis? Tidak diragukan lagi itu adalah pemotongan lagu kebangsaannya sebelum pertandingan NBA Chicago Bulls vs New Jersey Nets tahun 1993.

Ya, selain lari cepat dan lompat jauh, Carl Lewis mengejar karier musik. Carl Lewis dan bandnya, Electric Storm, harus memiliki album di toko sebelum akhir tahun.

"Saya serius memikirkan karier sebagai penghibur ketika saya selesai dengan trek dan lapangan. Saya berencana bertahan untuk waktu yang lama. Tetapi saya ingin karier lain melangkah ketika selesai sebagai seorang atlet,”ujar Carl Leiws.

Dia dan band baru saja selesai merekam album yang belum diberi judul. Carl Lewis bernyanyi dan memainkan keyboard.

Sebelum Carl Lewis serius terjun ke dunia pop, dia berencana berkompetisi di trek setidaknya sampai Olimpiade Tokyo 1988, saat dia berusia 27 tahun.*

× Image