Home > Gaya Hidup

Keren, Warga Depok Gelar Ngaji Bersama dengan Manfaatkan Keteduhan Taman

Kegiatan Komunitas Depok Mengaji sangat unik dan berbeda ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Camat Panmas Zikri Dwi Darmawan.
Warga Kota Depok yang tergabung dalam Komunitas Depok Mengaji gelar pengajian di Taman Mawar, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Panmas, Kota Depok. (Foto: Dok Diskominfo Kota Depok)

ruzka.republika.co.id--Ini baru keren. Sejumlah warga yang tergabung dalam Komunitas Depok Mengaji khyusuk membaca Al-Qur'an bersama untuk mengisi waktu pada bulan suci Ramadhan di sebuah taman di Taman Lembah Mawar, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Ahad (09/04/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan Komunitas Depok Mengaji sangat unik dan berbeda ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Camat Pancoran Mas (Panmas), Zikri Dwi Darmawan.

"Akhir bulan Ramadhan, umat muslim Kota Depok rata-rata memiliki rutinitas mendekatkan diri dengan membaca Al-Qur'an, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Depok Mengaji. Dan, Allah SWT tidak akan mengangkat derajat yang lainnya, apabila tidak berinteraksi dengan Al Qu'an," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Camat Panmas, Zikri Dwi Darmawan mengapresiasi kegiatan Komunitas Depok Mengaji. "Saya berbahagia sekali ada komunitas yang melakukan sebuah kegiatan yang unik, yaitu mengajak umat muslim untuk membaca Alquran, tapi tidak selalu di masjid, salah satunya di taman," tutur Zikri, Senin (10/04/2023).

Menurut Zikri, pemanfaatan ruang terbuka seperti taman tidak hanya digunakan sebagai sarana bermain bagi warga. Namun juga bisa digunakan untuk kegiatan rohani seperti mengaji bersama yang dilakukan oleh Komunitas Depok Mengaji.

"Mudah-mudahan keberkahan dari pembacaan Alquran di tempat-tempat seperti ini dapat menjadi pemanfaatan area ruang publik yang baik, sehingga nuansa rohani bisa dilakukan di ruang publik," terangnya.

Ia berharap, kegiatan positif ini bisa dicontoh oleh wilayah lain di Kecamatan Panmas, sehingga bisa membawa keberkahan bagi lingkungan dan wilayah. Ia pun siap mendukung segala bentuk kegiatan positif yang ada di Panmas.

"Kehadiran saya semoga bisa menjadi support dan Insya Allah Kecamatan siap mendukung. Mungkin bisa kita gabung dengan event keagamaan hari besar Islam lain di luar bulan Ramadhan," harap Zikri.

Ketua Komunitas Depok Mengaji, Imron Rosadi menuturkan, komunitas ini baru terbentuk menjelang bulan Ramadan 1444 Hijriah. Adapun kegiatannya menggelar kajian-kajian dan mengaji di Taman Lembah Gurame dan Taman Lembah Mawar.

Untuk jadwal mengaji dibagi menjadi dua waktu, kelompok kecil dilakukan satu pekan sekali sesuai dengan kesediaan anggota komunitas. Untuk kelompok besar atau gabungan rencananya akan dilakukan 3-4 bulan sekali.

"Alasan dipilihnya taman sebagai lokasi mengaji adalah memanfaatkan taman yang teduh agar tidak hanya digunakan untuk bermain dan duduk-duduk saja," ungkap Imron. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image