Home > Gaya Hidup

Tiga Amalan untuk Meraih Keberkahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan keberkahan.Artinya bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan kebaikan-kebaikan.
Melaksanakan sholat berjemaah tarawih di masjid. Foto: Republika.co.id

ruzka.republika.co.id - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan keberkahan.Artinya bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan kebaikan-kebaikan.

Disamping melaksanakan ibadah puasa, amalan apalagi yang harus kita perbanyak sehingga kita bisa mendapatkan banyak kebaikan di bulan yang mulia ini?

Setidaknya ada tiga hal yang harus kita perbanyak sehingga Ramadhan kita berlimpah keberkahan dari Allah SWT:

Baca juga: Mengirim Hadiah Istighfar untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia, Bolehkah?

1. Memperbanyak Shalat

Disamping shalat sholat fardu atau shalat wajib yang dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam.

Mari kita tambah kuantitas sholat kita dengan shalat-shalat sunnah, seperti sholat tarawih, sholat witir, sholat tahajud, sholat dhuha sholat rawatib qobliyah maupun ba'diyah serta sholat-sholat sunnah lainnya.

Amalan sunnah yang kita kerjakan di bulan Ramadhan akan diganjar dengan pahala amalan wajib oleh Allah SWT.

Baca juga: Momentum Ramadhan, Rahasia Kesuksesan Djatie Hijabqueen Tingkatkan Penjualan Produk Hijab

Bersamaan dengan menambah kuantitas sholat, mari kita tingkatkan pula kualitas shalat kita dengan melaksankannya sesuai tuntunan baginda Rasulullah SAW, melaksanakannya dengan penuh ikhlash dan khusyu’, serta mengingat sebanyak-banyaknya keagungan Allah SWT.

2. Memperbanyak Tilawah Al-Qur’an

Anggota DPRD Depok Qurtifa Wijaya

Amalan berikutnya yang harus kita perbanyak selama bulan Ramadhan adalah Tilawah Al-Quran atau membaca Al-Qur’an.

Baca juga: Selama Ramadhan, Perpustakaan Umum Depok Tetap Buka

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan, dimana Al-Quran diturunkan di malam kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar. Allah SWT berfirman di dalam surat al-baqarah ayat 185 yang artinya:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Baca juga: Resep Bistik Ayam, Menu Sahur Ramadhan Bareng Keluarga

Siapa saja yang ingin mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT maka hendaknya senantiasa menyandarkan dirinya, akrab dengan Al-Quran Al-Karim, dengan cara membaca, mentadabburi, menghafal, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kita meningkatkan interaksi sebanyak-banyaknya dengan Al Qur'anul Karim, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits bahwa Jibril ‘alaihissalam turun di setiap malam bulan Ramadhan kepada Rasulullah SAW untuk bertadarus Al-Qur’an bersama Rasulullah SAW.

3, Memperbanyak Shadaqah

Baca juga: Selama Ramadhan, Tidak Ada Perubahan Jam Pelayanan RSUD Depok

Amalan yang ketiga yang harus kita perbanyak selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak shadaqah, yaitu memberikan sebagian dari harta atau rezeki yang Allah SWT karuniakan kepada kita, memberikannya kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dan berhak untuk menerimanya.

Rasulullah SAW adalah seorang yang sangat dermawan dan kedermawanan Rasulullah berlipatganda selama bulan Ramadhan.

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al Quran.” (HR Al Bukhari).

Baca juga: Walaupun Puasa, Bisakah Kok Lakukan Donor Darah, Ini Waktunya yang Tepat

Hal ini menunjukkan kepada kita semua bahwa bershadaqah atau berinfak di bulan Ramadhan adalah salah satu amalan yang utama.

Shadaqah bukan saja menjadi ibadah yang menguatkan hubungan kita kepada Allah SWT, tetapi juga menguatkan hubungan kita dengan sesama manusia.

Semoga dengan memperbanyak tiga amalan ibadah sebagaimana disebutkan di atas, Allah SWT jadikan Ramadhan kita tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih berkualitas dibanding tahun-tahun sebelumnya. Wallahu a’lam.

Ditulis oleh Oleh : Anggota DPRD Kota Depok H. Qurtifa Wijaya, S.Ag.

× Image