Home > News

Pemkot Depok Ajak Pengurus RW Bangun Bank Sampah

Saat ini baru terbentuk Bank Sampah, kurang lebih di 920 RW yang ada di Kota Depok.
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat mengajak warga agar peduli dengan sampah dengan membentuk Bank Sampah pada peringatan HPN di Kota Depok pada Selasa 21 Februari 2023 lalu.

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajak pengurus Rukun Warga (RW) setiap wilayah untuk membentuk bank sampah. Saat ini baru terbentuk 340 bank sampah yang aktif dari total 920 RW yang ada di Kota Depok.

"Saat ini baru terbentuk Bank Sampah, kurang lebih di 920 RW yang ada di Kota Depok. Keberadaan bank sampah perlu diperbanyak untuk memberikan edukasi pentingnya memilah ke masyarakat," ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Jumat (24/02/2023).

Ia pun meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk menjadikan Peringatan HPSN yang jatuh pada 21 Februari sebagai momentum memperkuat sinergisitas dengan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh elemen bisa mengelola sampah dengan baik.

"Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama. Baik pemerintah, masyarakat dan pengusaha, sehingga, perlu adanya kolaborasi aktif dari berbagai pihak agar masalah-masalah sampah dapat teratasi dengan baik," jelas Imam.

Sekretaris DLHK Kota Depok, Ridwan mengatakan, kegiatan ini merupakan Jambore Bank Sampah pertama yang dilaksanakan. Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini, bank sampah di Depok semakin solid dan mampu menjadi contoh bagi masyarakat dalam pemilahan serta pengolahan sampah. "

"Kami juga minta kepada masyarakat di Kota Depok agar dapat mendidik anak sejak dini untuk memilah sampah. Dengan begitu, ke depan, mereka bisa membedakan mana sampah residu, mana sampah yang masih bisa di daur ulang bernilai ekonomi," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image