Home > News

Damkar dan Penyelamatan Depok Persilakan Warga Adopsi Hewan Liar Tangkapan

Warga dan pecinta reptile bisa mengadopsi hewan liar yang berhasil dievakuasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok.
Ilustrasi. Warga dan pecinta reptile bisa mengadopsi hewan liar yang berhasil dievakuasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok. Dok. Damkar Depok.

ruzka.republika.co.id - Warga dan pecinta reptile bisa mengadopsi hewan liar yang berhasil dievakuasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mempersilakan bagi yang berminat mengadopsi hewan tersebut bisa langsung datang ke UPT Damkar di 11 kecamatan.

“Bagi siapa saja yang mau merawat ular hasil evakuasi kami bisa datang dan bawa langsung ke kantor, gratis,” kata Welman, Rabu (8/2/2023).

Ia mengatakan hewan liar yang biasa diadopsi oleh masyarakat antara lain ular sanca dan biawak.

Sebab, hanya kedua hewan itu yang bisa dirawat dan tidak terlalu berbahaya.

"Kalau monyet kami lepas dan kembalikan ke habitat asalnya atau ke hutan," jelasnya.

Lebih lanjut, ujar Welman, hewan-hewan hasil penangkapan tersebut dapat diadopsi oleh warga karena pihak Damkar tidak sanggup untuk merawat.

Selain biaya perawatan yang mahal, juga tidak ada petugas khusus yang bisa menjaganya setiap waktu.

"Untuk yang berminat adopsi tidak ada syarat khusus, tinggal datang saja langsung ke kantor UPT Damkar," pungkas Welman. (Supriyadi)

× Image