Home > News

Ribuan Orang Ikuti Vaksin Covid-19 yang Digelar Dinkes Depok

Tercatat sudah sebanyak 1.490 orang mengikuti vaksin Covid-19 yang kembali digelar di Kota Depok sejak 24 Januari 2023.
Vaksinasi Covid-19.

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar vaksinasi Covid-19 yang meliputi vaksinasi dosis pertama, kedua, ketiga atau booster pertama, dan keempat atau booster kedua.Tercatat sudah sebanyak 1.490 orang mengikuti vaksin Covid-19 yang kembali digelar di Kota Depok sejak 24 Januari 2023.

"Kepada masyarakat agar melengkapi vaksinasi Covid-19. Semua itu guna mendukung program vaksinasi Covid-19 di Kota Depok serta sebagai upaya dalam meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati di Balai Kota Depok, Rabu (25/01/2023).

Menurut Mary, saat ini sejumlah Puskesmas masih membuka pelayanan vaksinasi Covid-19. Untuk informasinya dapat mengakses media sosial dari masing-masing Puskesmas terdekat. Pemberian vaksinasi tersebut berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum.

"Terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua. Yaitu Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Janssen, Sinopharm, dan Covovax. Sebaiknya lengkapi vaksinasi Covid-19 dosis keempat, sehingga kita dapat terlindungi dari paparan virus Covid-19. Usia di atas 18 tahun sudah bisa menerima dosis tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan, pemberian vaksin booster kedua untuk masyarakat umum dilaksanakan secara serentak, mulai hari ini melalui seluruh Puskesmas atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19. Informasi jadwal vaksinasi Covid-19 dapat diakses melalui aplikasi Depok Single Window (DSW) atau website daftarvaksin.depok.go.id.

"Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan masyarakat yang akan menerima dosis booster kedua. Yaitu, vaksinasi dosis ini diberikan dengan interval atau selang waktu enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga," terangnya. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image