Home > News

Jelang Nataru, Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut-Desari

Selain itu, ada 8 tol lainnya yang akan diresmikan sekaligus yakni Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Bacakayu), Tol Jakarta-Cikampek Selatan (Japek Selatan), Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Kuala Tajung-Tebing Tinggi-Parapat, Tol Cileun
Jelang Nataru, siap dioperasikan gratis Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut Junction Desari.

ruzka.republika.co.id--Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan meresmikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut. Rencananya setelah diresmikan, ruas jalan Tol Cijago Seksi 3A sepanjang 3,3 kilometer tersebut akan digunakan secara fungsional gratis jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Selain itu, ada 8 tol lainnya yang akan diresmikan sekaligus yakni Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Bacakayu), Tol Jakarta-Cikampek Selatan (Japek Selatan), Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Kuala Tajung-Tebing Tinggi-Parapat, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdayu), Tol Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar dan Tol Semarang-Demak.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan sebelum Nataru ada 9 ruas tol yang rencanakan sekaligus akan diresmikan Presiden Jokowi.

"Ada 9 ruas jalan tol yang akan diresmikan Presiden Jokowi dan siap dioperasikan secara gratis selama Nataru," ujar Danang dalam informasi yang diterima,.Rabu (21/12/2022).

PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) merupakan operator Jalan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km yang dibagi dalam tiga seksi yakni Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi 2 dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi 3 Kukusan ke Cinere sepanjang 5,3 Km yang dibagi dalam dua seksi yakni Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3,3 Km dan Seksi 3B Krukut-Cinere sepanjang 2 Km.

Saat ini Tol Cijago Seksi 3 yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah tersambung dengan interchange atau Junction Tol Depok-Antasari (Desari) di Krukut, Limo. Dan, selanjutnya, pelaksanaan pembangunan dilanjutkan dari Junction Cijago-Desari yang berada di Krukut Limo menuju Cinere sepanjang 2 Km.

Nantinya, Tol Cijago akan tersambung dengan ruas Tol Cinere-Serpong Jaya (CSJ) atau Serpong-Cinere (Sercin), merupakan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 yang menghubungkan Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT TLKJ, Hilman Muchsin mengatakan, pengusahaan jalan Tol Cijago dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT TLKJ dengan masa konsesi selama 40 tahun dan dibangun dengan total investasi sebesar Rp. 3,21 Triliun sedangkan biaya konstruksi sebesar Rp1,2 triliun.

Jalan Tol Cijago memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas ke-6 ruas jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terdiri atas ruas Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,2 km, Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 Km, Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km, Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km, Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,2 km, dan Cibitung-Cilincing sepanjang 34,8 km. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image