Home > News

Cegah Penyebab Banjir, Dinas PUPR Depok Bersihkan Sampah di Kali Cabang Tengah

Pekerjaan ini dilaksanakan agar sampah tidak menumpuk dan menyebabkan masalah baru, terutama mencegah masalah banjir.
Cegah penyebab banjir, Satgas Dinas PUPR Depok sedang membersihkan sampah di Kali Cabang Tengah. Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok yang terdiri dari 10 personel diterjunkan untuk melakukan pengangkatan sampah di Kali Cabang Tengah, Jalan Raya Citayam, Kecamatan Cipayung. Pekerjaan ini dilaksanakan agar sampah tidak menumpuk dan menyebabkan masalah baru, terutama mencegah masalah banjir.

"Kami turunkan satu regu Satgas Dinas PUPR Kota Depok untuk melakukan pengangkatan sampah di Kali Cabang Tengah, Jalan Raya Citayam. Sampah ini terbawa dari hulu menuju hilir dan tersangkut pada sisi yang dangkal. Kegiatan ini untuk mencegah terjadinya banjir," ujar Kepala Dinss PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Kamis (24/11/2022).

Menurut Citra, sampah harus segera diangkat agar tidak menimbulkan banjir atau luapan air akibat sumbatan sampah. Untuk membersihkan sampah diterjunkan satu unit dumptruk untuk mengangkut sampah dan dibawa ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Cipayung.

"Adapun sampah bebentuk sterofoam, plastik, botol, kayu dan lain sebagainya. Yang sudah-sudah, setelah diangkat, sampah akan ada lagi dan lagi. Terlebih saat musim hujan, dimana sampah mudah sekali terbawa arus,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat bisa bahu membahu melakukan normalisasi saluran secara swadaya. Terlebih, saat ini memasuki musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

“Kami harap masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air. Kami juga meminta warga untuk menjaga dan merawat lingkungan,” harap Citra. (Rusdy Nurdiansyah)

× Image