Home > Komunitas

Sambut Hari Disabilitas Internasional DDV Ajak Nonton Anak-anak Kurang Beruntung

Film Tegar yang diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris tanah air seperti, Dedi Mizwar , She Ine Febriyanti, M. Adhiyat, M. Aldifi Tegarjasa, Joanita Chatarine dan Anton Jc. di sutradara oleh Anggi Frisca.
Gala premiere film Tegar

ruzka.republika.co.id--Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2022 Dompet Dhuafa Volunteer ( DDV), bekerja sama dengan Aksa Bumi Langit Production House menyelenggarakan Cinecharity 2022 dengan mengangkat tema “Leave No One Behind”.

Acara yang diisi dengan nonton bareng film "Tegar" yang tayang perdana di bioskop XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta pada Jumat (18/11/2022).

Film Tegar yang diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris tanah air seperti, Dedi Mizwar , She Ine Febriyanti, M. Adhiyat, M. Aldifi Tegarjasa, Joanita Chatarine dan Anton Jc. di sutradara oleh Anggi Frisca.

"Dalam membuat karya ini, saya tidak berpikir akan untung dan rugi. Justru saya akan merasa rugi jika film ini tidak berhasil disiarkan ke banyak orang. Lebih rugi jika apa yang saya perjuangkan tidak terdengar oleh orang banyak," ujar Anggi Frisca sang sutradara saat acara Gala Premier film Tegar.

Pada CineCharity 2022 ini, DDV mengajak adik-adik yatim, piatu, dhuafa, dan difabel untuk menonton bersama film Tegar, sebab film ini menceritakan perjuangan seorang anak berkebutuhan khusus yang ingin bersekolah dan melihat dunia lebih luas.

Penyelenggarakan CineCharity 2022 ini akan berlangsung pada tanggal 24, 26, 27 November, 3 dan 4 Desember 2022 di 20 kota di seluruh Indonesia, seperti Medan, Padang, Pekanbaru, Serang, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Jogja, Surabaya, Malang, Lombok, Makassar dan Jayapura.

Melalui film Tegar, Anggi ingin memberikan pesan tentang support system dalam keluarga ramah inklusi, dilema pola asuh bagi wanita, hingga kebutuhan mendesak akan adaptasi pendidikan Indonesia untuk masyarakat dengan kebutuhan khusus. DDV menargetkan keterlibatan dalam acara ini sebanyak 1.000 relawan dan 2.000 anak-anak yang merupakan yatim, piatu, dhuafa, dan difabel.

Bambang Suherman Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa mengatakan, Dompet Dhuafa ingin mengajak adik-adik dan kakak-kakak relawan untuk memahami arti ketegaran yang sesungguhnya melalui film Tegar.

"Melalui film ini akan disampaikan edukasi kepada adik-adik dan seluruh relawan terkait hak-hak difabel," terangnya.

Kegiatan CineCharity ini telah berlangsung sejak tahun 2016 dan sudah terlaksana di lebih dari 28 titik di seluruh Indonesia.

Selain itu juga yang sudah terlibat dalam kegiatan ini lebih dari 3.251 adik adik dan 1.236 kakak-kakak yang ada dari Aceh hingga Papua.

Pada agenda nonton Tegar kali ini, Dompet Dhuafa juga ingin mengajak masyarakat untuk berupaya ikut mendukung SDG "Leave No One Behind".

Drama keluarga ini menjadi yang pertama di Indonesia yang diperankan oleh tokoh utama seorang anak difabel. Dompet Dhuafa menegaskan bahwa setiap orang memiliki harapan dan akses yang sama di masyarakat. (Kusbiantoro/Rusdy Nurdiansyah)

× Image