Home > Gaya Hidup

Menuju Malam Anugerah Piala Citra FFI 2022, Siapa Saja Jurinya?

Dewan Juri tersebut terbagi dalam beberapa kategori Film Cerita Panjang, kategori Film cerita pendek, Animasi pendek, Dokumenter panjang, dan Dokumenter pendek, Kategori Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film dan kategori Kritik Film.
Konferensi Pers Piala Citra FFI 2022 di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

ruzka.republika.co.id--Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan nama-nama juri tahap akhir menjelang Malam Anugerah Piala Citra yang akan digelar pada 22 November 2022 di Gedung Kementerian Kebudayaaan Riset Dan Tekonologi di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Dewan Juri tersebut terbagi dalam beberapa kategori Film Cerita Panjang, kategori Film cerita pendek, Animasi pendek, Dokumenter panjang, dan Dokumenter pendek, Kategori Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film dan kategori Kritik Film.

Dewan Juri yang terdiri dari 24 orang ini merupakan perwakilan ekosistem perfilman Indonesia dengan beragam latar belakang profesi yang dipilih oleh Komite FFI 2022 berdasarkan masukan dan rekomendasi dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman Indonesia.

Mereka akan berembuk sesuai kategorinya masingmasing untuk menentukan pemenang dari 23 kategori penghargaan Piala Citra dan penghargaan khusus hingga awal November 2022.

Mereka terdiri dari 9 juri Film Cerita Panjang, 3 juri Film Cerita Pendek, 3 juri Film Animasi Pendek, 3 juri Film Dokumenter yang akan menilai Film Dokumenter Pendek dan juga Film Dokumenter Panjang, 3 juri kategori Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film, dan 3 juri untuk kategori Kritik Film.

Daftar nominasinya telah diumumkan di pelataran Candi Borobudur pada 22 Oktober lalu dan merupakan hasil seleksi dan penjurian yang telah dilakukan oleh 89 anggota Akademi Citra, insan perfilman dari beragam profesi yang telah menerima penghargaan Piala Citra pada FFI sebelumnya.

Untuk kategori Film Cerita Panjang, 9 orang juri nominasi untuk kategori Film Non Cerita Panjang, dan 3 orang juri nominasi untuk kategori Kritik Film.

Dimana Dewan Juri tersebut telah bertugas sejak 17 Oktober hingga 11 November 2022 untuk menentukan satu pemenang dari seluruh nominasi.

Dewan Juri Akhir untuk film cerita panjang terdiri dari Budi Irawanto, Christine Hakim, Dolorosa Sinaga, Edwin Nazir, Iswadi Pratama, Nur Hidayat, Prima Rusdi, Thoersi Argeswara, dan Yosep Anggi Noen. Untuk juri Film Cerita Pendek terdiri dari Edo Wulia, Lulu Ratna, dan Mandy Marahimin.

Juri Film Animasi terdiri dari Bony Wirasmono, Chandra S. Endroputro, dan Kemal Hasan. Juri Film Dokumenter terdiri dari Erlan Basri, Fanny Chotimah, dan IGP Wiranegara.

Sedangkan Juri Kritik Film terdiri dari Adrian Jonathan Pasaribu, Kukuh Karnanta Yudha, dan Mundi Rahayu, serta Juri Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film adalah Budiyati Abiyoga, Jajang C. Noer, dan Widyawati.

Garin Nugroho, Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023, menilai, penjurian FFI 2022 ini menarik karena pilihan nominasi yang dihasilkan dari pemungutan suara Akademi Citra begitu beragam baik dari segi genre maupun kualitasnya. Dan catatan tersendiri pada proses penjurian tahap akhir.

"Dewan Juri melakukan pilihannya secara demokratis dengan saling berbagi pengetahuan dan pandangan sesuai latar belakang masing masing yang memperkaya proses diskusi penjurian membaca peta film Indonesia," terang Garin.

Pelaksanaan kegiatan penjurian tahap akhir mendapat dukungan dari Cinema XXI. Selama sembilan hari, para Dewan Juri Akhir katagori film cerita panjang menonton semua film nominasi di salah satu studio di Kemang Village XXI Jakarta. Selain itu Cinema XXI juga memberikan fasilitas lounge untuk para dewan juri berdiskusi. (Kusbiantoro/Rusdy Nurdiansyah)

× Image