Home > News

Jabar Bergerak Kota Depok Percantik Situ Rawa Kalong Dengan Mural

Jabar Bergerak di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. ini merupakan program Jabar Bergerak di Bidang Pakuya atau Pariwisata, Kuliner dan Budaya.
Jabar Bergerak Kota Depok lakukan aksi pengecatan massal di lingkungan Situ Rawa Kalong, Cimanggis, Depok (Foto: Diskominfo Depok)

ruzka.republika.co.id- Pengecatan massal dilakukan Jabar Bergerak di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok pada Sabtu (02/07/2022).

Pengecatan massal aksi pariwisata Situ Rawa Kalong ini merupakan program Jabar Bergerak di Bidang Pakuya atau Pariwisata, Kuliner dan Budaya.

Ketua Jabar Bergerak Kota Depok, Siti Barkah Supian Suri atau yang kerap disapa Cing Ikah mengatakan, pengecatan dilakukan dengan menggambar mural dengan beragam tema dan pesan. Mulai dari kebudayaan Kota Depok, kerukunan umat beragama, toleransi dan lain sebagainya.

"Ada pesan-pesan yang kami urai dalam setiap gambar mural. Baik tentang Depok ataupun Jawa Barat (Jabar), sehingga setiap orang memandang tidak hanya gambar, tapi ada makna yang dapat dipahami masyarakat," kata Cing Ikah, Senin (04/07/2022).

Survei dilakukan sebelum kegiatan pengecatan massal ini. Berkat bantuan dari Provinsi Jabar kini penataan situ tersebut lebih indah dan tertata.

"Tapi penataan yang dilakukan hanya berfokus pada situnya. Sedangkan lingkungan sekitar situ masih kurang tertata dari segi kebersihannya," jelasnya.

Dikatakan Cing Ikah, berangkat dari sana, pihaknya menginisiasi untuk bergerak dengan seluruh lapisan masyarakat mempercantik lingkungan situ. Mulai dari RT-RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, PKK, Posyandu, TNI-Polri, kecamatan dan kelurahan hingga masyarakat sekitar untuk melakukan pengecatan di 114 blok tembok di lingkungan situ.

Hal itu, sambung Cing Ikah, dilakukan dengan harapan masyarakat di sekitar situ merasa memiliki. Serta, dapat menjaga kebersihan dan keindahan situ.

"Semoga dengan pengecatan yang dilakukan bisa menambah keindahan dari Situ Rawa Kalong dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat," harapnya.

"Jabar bergerak Kota Depok. Salam kolaborasi menuju Depok maju, berbudaya, sejahtera juara lahir batin," tutup Cing Ikah. (Mia Nala)

× Image