Home > Mancanegara

Berusia 116 Tahun, Itooka Jadi Orang Tertua di Dunia

Tomiko Itooka, perempuan Jepang berusia 116 tahun, dinobatkan sebagai orang tertua di dunia.
Tomiko Itooka merayakan ulang tahun yang ke-116 di Ashiya, Jepang, 23 Mei lalu. (Foto: Dokumentasi Kota Ashiya via AP)
Tomiko Itooka merayakan ulang tahun yang ke-116 di Ashiya, Jepang, 23 Mei lalu. (Foto: Dokumentasi Kota Ashiya via AP)

TOKYO – Tomiko Itooka, perempuan Jepang berusia 116 tahun, pada Kamis (22/8/2024) dinobatkan sebagai orang tertua di dunia. Berdasarkan catatan Guinness World Records, posisi ini dipegang Itooka setelah Selasa lalu Maria Branyas meninggal dunia pada usia 117 tahun.

“Terima kasih,” kata Itooka saat dikabari soal gelar terbarunya.

Itooka lahir di Osaka, pada 23 Mei 1908. Tanggal kelahirannya ini dikonfirmasi oleh Gerontology Research Group yang memang memvalidasi data orang-orang yang diyakini berusia 110 tahun atau lebih.

Perempuan penggemar pisang ini sekarang tinggal di panti wredha di Ashiya, Perfektur Hyogo, Jepang. Tiga bulan lalu, ia merayakan ulang tahunnya dengan menerima kiriman bunga, kue, dan kartu ucapan dari walikota setempat.

Itooka ternyata sosok yang aktif selagi muda. Ia adalah pemain bola voli saat sekolah menengah atas. Setelah menikah pada usia 20 tahun, Itooka memiliki empat orang anak.

Selama Perang Dunia II, ia ikut mengelola pabrik tekstil milik suaminya. Sejak suaminya meninggal pada 1979, ia tinggal sendirian di Nara lalu pindah ke panti werdha.

Itooka sempat dua kali menaklukkan puncak Gunung Ontake yang memiliki ketinggian 3.067 meter di atas permukan laut. Ia juga suka lintas rimba, bahkan setelah usianya melewati angka 100 tahun. (ap/yen)

× Image