Home > News

Depok Tak Miliki Jalan Utama, Bahkan Sebagian Besar Jalan Milik Nasional dan Provinsi Jabar

Status jalan di Kota Depok terbagi menjadi tiga, di antaranya, jalan kota, jalan nasional dan jalan provinsi

ruzka.republika.co.id--Kota Depok ternyata tak memiliki jalan utama. Bahkan sebagian besar jalan yang ada di Kota Depok milik nasional atau Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat (Jabar). Status jalan di Kota Depok tersebut diungkapkan Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

"Status jalan di Kota Depok terbagi menjadi tiga, di antaranya, jalan kota, jalan nasional dan jalan provinsi," ujar Idris dalam keterangannya yang diterima, Kamis (20/10/2022).

Menurut Idris, saat ini Kota Depok memiliki jalan nasional sepanjang 43,25 kilometer (km) dan jalan provinsi sepanjang 11,75 km.

"Untuk jalan yang statusnya bukan jalan kota, pengelolaan dan pemeliharaannya dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar,” terangnya.

Ia menambahkan, meski demikian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya melakukan koordinasi kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar dalam upaya revitalisasi jalan nasional dan jalan provinsi di Kota Depok.

“Pemkot Depok terus berupaya melakukan koordinasi ke Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar agar terus diupayakan, revitalisasi terhadap beberapa ruas jalan tersebut,” tegas Idris.

Rincian jalan milik nasional di Kota Depok sepanjang 43,25 km yakni Jalan Trans Yogi, Jalan Ir. H Juanda, Jalan Margonda Raya segmen 2 (Simpang Ramanda hingga Simpang Juanda), Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) dan Jalan Teratai Raya.

Kemudian, Jalan Nusantara, Jalan Raya Sawangan, Jalan Muchtar Raya, Jalan Sawangan Raya, Jalan Raya Parung Ciputat atau Gandaria (batas Depok-Tanggerang sampai batas Depok-Bogor), serta Jalan Raya Bogor (Gandaria hingga Cilodong atau batas Depok).

Sedangkan jalan milik Provinsi Jabar sepanjang 11,75 km berada di Jalan Dewi Sartika, Jalan Margonda Raya (dari Tugu Jam-Dewi Sartika), Jalan Siliwangi, Jalan Tole Iskandar, dan Simpang Tole Iskandar-Pondok Rajeg (batas Depok-Bogor). (Rusdy Nurdiansyah)

× Image